Saturday, February 23, 2013

Rampak Kendang “KOBEN” SMAN 1 Situraja Ikut semarakkan Liga Pendidikan Indonesia


 Kompetisi sepakbola antar pelajar se – Kab. Sumedang yang diselenggarakan di Stadion Achmad Yani, begitu semarak dengan penampilan  Rampak  Kendang yang dibawakan dengan sangat dinamis dan riang oleh siswa SMAN 1 Situraja Sumedang yang  tergabung dalam KOBEN.
Nama “KOBEN” merupakan singkatan dari Koempoelan Baroedak Keren. Rampak Kendang merupakan salah satu kegiatan ekstra kulikuler  yang ada di SMAN 1 Situraja. Usianya masih sangat  muda, sekitar bulan  Oktober 2010 yang lalu.
“Kami berdiri sekitar bulan Oktober 2010, meskipun masih terbilang sangat muda, tapi respon dari masyarakat sangat tinggi. Terlihat banyaknya berbagai pihak  yang meminta kami untuk memeriahkan kegiatannya sebagai acara pembuka.” tutur Pembina Rampak Kendang, Dedi Cahyadi, S.Sn.

RAMPAK KENDANG -  Kreasi dari siswa SMAN 1 Situraja Sumedang, dalam acara Liga Pendidikan Indonesia di Stadion Achmad  Yani Sumedang (18/1/2011)
Dedi menambahkan, bahwa kehadiran Rampak Kendang yang ia bina sebagai perwujudan  mendukung Sumedang menjadi Puser Budaya Sunda.
Selain Rampak Kendang, ikut pula yang memeriahkan Drum Band dari SMA yang sama, SMAN 1 Situraja. Tapi penampilan dengan alat tradisional itu seolah menghipnotis penonton yang hadir di tribun atas Stadion Achmad Yani, termasuk Wakil Bupati Sumedang, Taufiq Gunawansyah, S.IP yang turut hadir dalam acara tersebut.
Grup yang beranggotakan 17 orang ini, yang semuanya kelas X, begitu lincah memainkan kendang. mendapatkan sambutan meriah dari  pengunjung yang hadir.   Penonton sangat terpukau dengan penampilan mereka  yang sangat variatif.
“Kami ingin memajukan budaya sunda, supaya tetap lestari. Kita  sudah terbuai dengan musik-musik modern. Kalau bukan kita, siapa lagi?” begitu jawab Cepi Herawan, siswa kelas X, ketika ditanya kenapa mengikuti eskul Rampak Kendang.     ( Roni Yeef ) ***

****
Tulisan di atas hasil liputan Crew I Love Sumedang yang dimuat di Tabloid Pendidikan Lintas Pena

No comments:

Post a Comment